cara buat nasi jagung-yang enak dan gurih

Pernahkan anda semua menikmati yang namanya nasi jagung? Mungkin bukan banyak anda yang hidup dijaman seperti ini menikmati Nasi jagung. Namun bagaimanapun pun nasi jagung adalah makanan Nusantara, maka kami berikan resep nasi jagung guring yang dapat anda buat sendiri dalam rumah. Nasi jagung terkadang pernah menjadi makanan primer masyarakat Nusantara pada tenang dahulu di masa paceklik panjang. Dahulu nasi jagung pasti menjadi makanan utama malah hingga sekarang di pedesaan yang masih terpencil nasi jagung dikonsumsi karena mahalnya dan beras. Namun kini nyaris semua penduduk Indonesia dapat menikmati nasi beras.

Walaupun awalnya nasi jagung adalah makanan khas orang desa, tidak merupakan berarti nasi jagung ini bukan enak. Nasi jagung punya rasa khas gurih kemudian nikmat. Saya sendiri sudah pernah makan dengan nasi jagung, tetangga saya pada waktu ya masih kecil sering meracik nasi jagung. Memang secara redovisning sudah cukup, namun nasi jagung memang membawa wistfulness tersendiri. Kadang tetangga saya tersebut memasak nasi jagung, kadang pun membuat tiwul. Jujur tertentu saya lebih suka makan tiwul daripada nasi jagung. Tetapi jika keseharian makan nasi tiwul juga pasti tetao bosan. Memang nasi jagung indonesia memiliki rasa khas lalu bagi anda yang sudah pernah menikmatinya, suatu saat persis akan kangen rasa nikmat dari nasi jagung ini. Resep nasi yang lain dapat anda lihat contohnya dalam resep nasi lemak khas Melayu.

Beberapa daerah pada Indonesia yang terkenal dengan nasi jagung ada di pulau Jawa. Beberapa kota yang terkenal dengan nasi jagungnya adalah Surabaya dan Madura, juga beberapa kota yang ada di Jawa Dalam dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Nasi jagug ini diterapkan dengan pipilan jagung yang sudah tua, atau lumrah dikenal dengan sebutan jagung pipil. Mengapa dipilih jagung pipil yang tua, sebab jika dilihat dari dan akan lebih murah andai dibandingkan dengan jagung manis yang ada di toko-toko. Jadi intinya membuat nasi jagung gurih adalah tantangan tersendiri. Bagaimana membuat makanan dengan biaya sangat murah, tetapi bisa menghasilkan makanan yang nikmat dan disukai melimpah orang.

Resep Nasi Jagung Gurih Nikmat Khas Nusantara.

Bagi anda yang dahulu pernah sempat menikmati nasi jagung dan kemudian ingin bernostalgia dengan rasa nasi jagung yang nikmat, kini saatnya awak membuat nasi jagung yang berlimpah nikmat dari yang sempat anda nikmat sebelumnya. Bagi resepnya jangan pernah gelisah, sebab kami akan mempersembahkan resep apa saja yang anda butuhkan. Unruk tersebut mari segera saja kindertagesstätte simak resep nasi jagung gurih yang berikut ini.

cara buat nasi jagung-yang enak dan gurih
Nasi jagung-yang enak dan gurih.Resep Kuliner Nusantara.


Bahan-bahan:


  • 250 gram jagung meniran/tumbukan



  • 150 gram beras



  • half of sendok teh garam



  • 750 ml air



  • 600 cubic centimeters santan (dihangatkan)


Cara membuatnya:

Rendamlah jagung meniran dengan beras dan garam memakai air ang sudah ditawarkan. Kemudian rebuslah campuran beras dan jagung tadi maka air habis meresap, kemudian segera angkat.

Masukkan nasi jagung ke dalam kukusan / panci kukus yang sebelumnya sudah dipanaskan. Siram nasi jagung tersebut menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan \ angkat.

Jika sudah bertanda nasi jagung sudah siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang anda suaki, akan lebih nikmat andai dicampur sambal dan lalapan.

Nah mudah sekali kan membuat nasi jagung gurih yang nikmat dan sedap. Petunjuk yang saya sediakan dalam resep di atas dapat disajikan dalam 4 sehingga 6 porsi makan. Sebagai akhir tweaked structure ya selalu ucapkan selamat coba dan terus berkreasi. Lestarikan kuliner asli Nusantara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara buat nasi jagung-yang enak dan gurih"

Post a Comment